Selasa, 21 Februari 2017

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Nyaman dan Tangguh di Tanjakan

Suzuki Indomobil Sales melakukan langkah berani dengan meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid transmisi manual 5-speed. Fitur yang diandalkan adalah Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) dibantu Integrated Starter Generator (ISG).

Mobil ini diluncurkan di U-Thai, SCBD, Jakarta pada Selasa (7/2) pagi. Sesaat setelah seremoni, sekitar 40 jurnalis diajak merasakan mobil keluarga 7-seater tersebut menuju Bogor, Jawa Barat.

Otospirit ambil bagian selama dua hari perjalanan itu. Mengingat teknologi diesel hybrid yang dikedepankan, Suzuki pun menggelar lomba irit bahan bakar. Klaim SIS berdasarkan hasil uji yang diterbitkan BT2MP-BBPT, kendaraan ini mampu bergerak sejauh 22,6 km per 1 liter solar. Tapi bagaimana pun hasilnya, tetap pola berkendara Anda yang menentukan.

Sekedar informasi, Suzuki Indonesia menyarankan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid diminumkan Pertamina DEX dengan cetane nomer 51 sebagai bahan bakar utama. Mereka tidak menyarankan kualitas solar di bawahnya, kalau pemilik memaksa dan terjadi kerusakan mesin maka siap-siap tidak masuk dalam garansi.

Bentuknya mirip dengan Ertiga bensin. Yang membedakan ialah adanya emblem DdiS (Diesel Common Rail Direct) pada bagian samping dan buritan menampilkan logo Hybrid dan Zdi. Ini yang akan membuat si pemiliknya merasa bangga.

Masuk ke ruang interior Ertiga Diesel Hybrid pesaing Avanza dan Xenia ini, kami disajikan warna abu-abu pada dashboard dan jok bahan Industri warna beige. Warna-warna cerah berhasil memberikan pesan luas dan nyaman. Begitu berada di dalam, mata langsung tertuju pada dashboard bagian tengah karena memang menyajikan AC with Heater.

Awalnya kami merasa penasaran dengan bagian AC with Heater. Pada umumnya bagian ini tidak banyak digunakan untuk negara beriklim tropis. Tetapi Suzuki Indonesia mengerti bahwa fitur ini akan berguna untuk sebagian lokasi di tanah air. oleh karena itu mereka tidak melakukan downgrade untuk bagian ini.

Untuk menjaga konsentrasi pengemudi, Suzuki memberikan audio steering wheel controls. Tombol-tombol ini untuk pengatur saluran radio dan volume suara dengan kualitas suara lebih baik.

“Rasakan kualitas suaranya, beda banget sama mobil sekelas,” tegas Makmur, Sales Director 4W SIS waktu sebelum keberangkatan. Lihat juga Suzuki Ertiga Diesel Bali

Untuk menghidupkan mesin diesel commonrail 1.3-liter ternyata pakai ketentuan. Kopling harus diinjak setelah itu putar kunci kontak ke posisi ON. Suara ciri mesin diesel memang masih terdengar dari ruang kabin seperti pada umumnya mobil bermesin diesel. Berada di dalam interior Ertiga Diesel Hybrid tetap terasa nyaman tanpa gangguan suara dan getaran mesin diesel.